Simak Agar Bisnismu Tidak Terjerembab Masalah

Namanya juga hidup, pasti selalu ada masalah meski di usia muda. Begitu juga dengan bisnis yang kamu jalani atau sedang kamu rintis. Pasti akan ada masalah dan kamu akan punya 2 pilihan : nyesel dengan yang udah terjadi atau maju terus pantang mundur. Nah!

Biar gak gitu, tentunya kamu perlu memahami bisnismu. Banyak lho pebisnis seusiamu yang gak paham apa yang dilakukan. Mereka bangun bisnis tapi sering gagal paham dengan yang dikerjakan. Gagasan-gagasan canggih plus ide-ide besar mewarnai, tapi eksekusinya melempem. Jadi yang penting, eksekusi ide-idemu. Ini yang pertama.

Yang kedua, kamu perlu mencari cara-cara baru untuk menyelesaikan masalah-masalahmu. Jangan-jangan caramu saat ini udah usang untuk masalah bisnismu saat ini. Ekstrimnya waktu dulu internet belum merajalela seperti sekarang ini, orang yang beli masih mencari toko kita di pinggir jalan. Tapi ketika internet udah merajai, tanpa toko pun bisa jualan. Ini contoh aja ya.

Yang ketiga, lakukan apa yang kamu omongkan. Misal kamu udah punya karyawan nih, kamu nyuruh mereka mengerjakan sesuatu tapi sayangnya hasilnya gak sesuai. Gagal dong! Nah karena ini kamu nyalah-nyalahin terus karyawanmu. Ada baiknya kamu kasih contoh sehingga yang kamu perintahkan itu juga kamu lakukan agar karyawanmu gak pergi gara-gara sering kamu salah-salahin.

Kamu boleh nambahin di kolom komentar. Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *