Jangan Berhenti Berdoa Walau Cobaan Terus Menghadang

Ujian dan cobaan itu ga bakal menghilang dari hidupmu, kayak jin mak cling. No, that’s not gonna happen. Dia cuma datang dan pergi macem gebetan gitu, elu yang nggebet dia yang dapet, eaakk. Ujian akan menampakkan dirinya dalam bermacam-macam bentuk, emang macem jin sih.

Tetapi sebuah ujian atau cobaan akan terasa lebih mudah atau lebih sulit itu kembali lagi ke persepsinya masing-masing, tinggal bagaimana kamu menyikapi hal tersebut.

Emosi akan menyelubungi dirimu ketika kamu merasa bahwa ujian sulit dilalui. Tapi tenang, sebenarnya kamu memiliki orang lain di sekitarmu yang bersedia membantumu.

Mereka dengan sukarela akan membantumu. Tanpa bantuan orang lain, mungkin kamu tidak akan sampai seperti sekarang.

Adalagi yang bisa kamu lakukan, yaitu berdoa. Mungkin kita sudah terbiasa berdoa, malah bisa jadi udah kayak kebutuhan hidup. 4 sehat, 5 sempurna, 6 baca doa. Namun, ada kalanya kamu tidak berdoa karena sudah lelah berdoa.

Ingatlah wahai kawanku, berdoa itu mengingatkanmu bahwa kamu ga sendirian, walaupun kamu jones keterlaluan yang sudah melewati batas. Tenang aja, masih ada yang mau mendengarmu di tengah badai cobaan ini.

 “Orang bilang berdoa itu tidak cuma buat minta, tapi juga melepaskan rasa penat yang ada.”

Ketika dilanda ujian, berdoa adalah sebuah permohonan kepada Tuhan agar segera dikabulkan. Memohon agar ujian diringankan dan disegerakan untuk dilalui.

Sebenarnya, ketika berdoa kamu juga bisa curhat dengan Tuhan, menceritakan semuanya tanpa harus ada yang ditutup-tutupi, blak-blakan aja toh Tuhan Maha Tahu.

Ingat, berdoa mengingatkanmu kalau kamu ga sendirian. Kamu masih punya Tuhan yang selalu ada disampingmu. Gak kayak gebetan lo yang tau-tau ada disampingnya temen lo, eaakk.

            “Ah, dulu pernah berdoa tapi ga dijawab.”

            “Hey, Dia menjawab semuanya tapi terkadang ‘tidak’ adalah jawabannya.”

            “Aku pernah berdoa, tapi ga didengar, capek aku.”

            “Ketika doamu tidak dijawab, mungkin itu yang terbaik bagimu.”

Kamu mungkin pernah berdoa, tapi ga ada jawaban. Ga usah bingung, Tuhan Maha Mengetahui segala-galanya. Dia tahu yang terbaik untuk hambanya. Kamu mungkin emosi, marah, jengkel. Tapi yakinlah, skenario Tuhan itu yang terbaik.

Ada keluarga, teman dan orang lain di lingkunganmu yang bersedia menjadi tempat curhat. Tapi curhat dengan Tuhan rasanya pasti beda kan. Curhat dengan sesama memang bisa bikin nyaman, tapi mungkin ga semuanya kamu ceritakan.

Beda curhat dengan Tuhan. Tuhan sudah tau siapa diri kamu luar dalam jadi tidak perlu ada yang ditutup-tutupi.

Tuhan tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan dari hamba-Nya. Ingat itu baik-baik.

Semakin baik dan kuat pribadi seseorang akan semakin berat pula ujiannya. Jika kamu merasa tidak sanggup, berpikir dan berusaha bahwa kamu bisa melewatinya. Jangan lupa berdoa, sebagai rasa syukur karena kamu masih diberikan ujian untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Anggap saja ujian itu karena Tuhan sedang rindu, lagi kangen sama kamu. Biarpun kamu jones tapi kan ada yang ngangenin, ya nggak ya nggak aseekk.

“Selain untuk meningkatkan pribadimu lebih baik, ujian juga sebagai pengingat untuk kembali kepada-Nya.”

Ketika kamu sedang lupa dengan-Nya karena urusan dunia. Tuhan datang kepadamu dengan membawa ujian. Ada setitik noda hitam di dalam dirimu dan untuk membersihkannya perlu diberi cobaan.

Percayalah tidak selamanya hidupmu di titik nadir. Kamu akan tersenyum kembali jika waktunya telah tiba. 

Kamu akan tahu saat berhasil melaluinya, hal tersebut akan membuatmu tersenyum ketika mengingatnya nanti. Tersenyum karena sudah berhasil melewati tahapan demi tahapan untuk menjadi pribadi yang semakin baik dan kuat.

Kamu akan melihat bahwa banyak pelajaran yang dapat diambil dari ujian itu. Ada pengalaman yang dapat kamu bagikan kepada orang-orang disekitarmu. ujian itu memang berat, tapi selalu ada hal positif dibaliknya.

Ingatlah, Tuhan bersama kita

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *