Fakta Menarik Tentang Oemah Bamboo Merapi New Selo Boyolali

Akhir pekan merupakan saat yang pas untuk meluangkan waktu berlibur. Setelah bekerja selama 5 hari dengan suasana yang penat, tentu membuat anda stress dan menginginkan sedikit kesegaran. Tidak ada salahnya jika anda berencana berlibur sejenak di daerah yang memiliki suhu udara yang dingin. Dan satu tempat yang layak untuk kamu datangi adalah New Selo Boyolali, yang terletak di Desa Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Di sana anda akan mendapatkan suasana alam yang masih terjaga dan sangat sejuk khas dari pedesaan. Sehingga bisa membuat pikiran anda menjadi segar kembali. Ditambah lagi anda akan menemukan lokasi wisata baru, yaitu Oemah Bamboo Merapi yang bisa anda jadikan spot fotgrafi yang menyenangkan. Dan inilah beberapa fakta menarik tentang Oemah Bamboo Merapi di New Selo Boyolali.

  1. Rusak akibat erupsi Merapi pada 2010 dan kemudian kembali bangkit dengan menghadirkan Oemah Bamboo Merapi

Saat terjadi erupsi Merapi pada 2010 silam membuat kawasan ini menjadi porak poranda. Indahnya obyek wisata Selo yang sangat asri ini hancur karena amukan Merapi. Namun, tidak lama setelah itu kembali dibenahi dan berubah menjadi destinasi wisata populer yang disebut New Selo dengan penataan yang lebih indah. Dimana dengan menghadirkan Oemah Bamboo Merapi yang populer di sosial media.

  1. Letaknya yang tinggi menyajikan udara yang sejuk dan asri

Susana kota yang kian panas ditambah dengan aktivitas yang makin komplek tentu akan membuat pikiran anda menjadi ruwet. Sehingga menjadi ritme kerja yang tidak karuan. Untuk itu, anda bisa menyegarkan pikiran anda dengan berkunjung ke Oemah Bamboo yang letaknya berada di ketinggian 1700 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, tentu suasana sejuk dan asri sangat terasa dan pikiranmu akan menjadi lebih fresh lagi.

  1. Dikelilingi 7 Gunung yang Bisa Dinikmati Keindahannya dari Oemah Bamboo Merapi

Gunung Merapi yang berdiri menjulang tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi keindahannya. Demikian juga dengan Gunung Merbabu yang menyimpan pesona yang tak kalah indahnya dan tentunya membuat anda betah berlama-lama berada di Oemah Bamboo Merapi. Tidak hanya 2 gunung yang bisa anda nikmati keindahannya, melainkan 7 gunung! Bila cuaca sedang cerah anda bisa naik ke gardu pandang yang tingginya 10 meter di Oemah Bamboo Merapi ini. Dari puncaknya itu, anda bisa menikmati keindahan 7 gunung yang gagah mulai dari Merapi, Merbabu, Gunung Lawu di Karanganyar, Gunung Sindoro dan Sumbing, Gunung Telomoyo, dan juga Gunung Slamet.

  1. Daya Tarik Luar Biasa Omah Bamboo Merapi

Bila anda masih belum puas dengan menikmati indahnya 7 gunung yang bisa anda lihat dari puncak Oemah Bamboo Merapi, anda juga bisa menikmati pesona bangunan dari Oemah Bamboo Merapi ini. Pada bangunannya ini, mulai dari lantai, gazebo, hingga gardu pandangnya semua terbuat dari bambu. Pembangunannya ini dilakukan oleh para sukarelawan Barameru Merapi. Bambu yang dibutuhkan untuk membuat bangunan ini sekitar 3000-4000 bambu. Anda tidak perlu khawatir jika bambu ini reyot atau terkena rayap. Karena sebelum dibuat bangunan, bambu-bambu ini telah disuntuk suatu formula supaya tidak mudah lapuk.

  1. Sebelumnya Oemah Bamboo Merapi ingin Digunakan Sebagai Kopi

Sejatinya, pembangunan Oemah Bamboo Merapi ini tidak hanya digunakan untuk spot selfie dan wefie saja. Awalnya akan dibuat untuk dibangun kedai kopi. Karena suhu udaranya yang dingin, serta panoramanya yang menakjubkan, dengan menikmati kopi sudah menjadi budaya yang mengasyikkan. Namun, sebelum niat itu terwujud, lokasi ini sudah sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Oemah Bamboo Merapi. Memang secara resmi belum dibuka sebagai destinasi wisata populer. Namun dilihat dari pengunjungnya, sehari bisa mencapai 80 orang dan jumlah itu akan terus bertambah hingga 500 orang di hari libur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *