Bukan Lagi Jack Ma Orang Terkaya se-Asia Kini, Lalu Siapa?

Cukup lama, Jack Ma bertengger di jajaran orang terkaya se-Asia. Pemilik Grup Alibaba ini, sekarang harus rela digeser posisinya dari yang teratas. Lalu siapa yang berhasil menggeser posisi Jack Ma di urutan teratas orang terkaya se-Asia?

Inilah orang yang berhasil menggeser posisi Jack Ma di urutan orang paling kaya di Asia, Mukesh Ambani. Dia merupakan konglomerat asal India yang telah menjadikan dirinya sebagai orang terkaya di Asia. Memang nama Mukesh Ambani ini belum begitu familiar dan dikenal. Karena dirinya memang tidak setenar pemilik Alibaba itu. Mukesh Ambani ini berhasil menggeser posisi Jack Ma, karena harta yang dimilikinya melampaui milik Jack Ma.

Menurut Bloomberg’s Billionaire Index, kekayaan yang berhasil dicapai pengusaha India, berusia 61 tahun itu mencapai US$ 44,3 miliar. Bila dirupiahkan maka total harta kekayaannya mencapai 672,3 triliun. Adapun sumber kekayaannya itu berasal dari perusahaan yang dimilikinya yakni, Reliance Industries Ltd yang berhasil menguasai bisnis petrokimia di India.

Perusahaannya itu sendiri adalah salah perusahaan yang terbesar di India. Hal itu bisa dilihat dari peringkatnya, bahwa perusahaan milik Mukesh ini berada di peringkat 2 di bawah perusahaan Indian Oil dari 100 perusahaan di India.

Selain itu, saham perusahaan Reliance yang terus melonjak naik, menjadikan Mukesh Ambani berhasil menggeser posisi Jack Ma dari orang terkaya nomor satu di Asia. Seperti yang dilansir, Bloomberg’s Bilionaires Index, Jack Ma mengalami penurunan harta kekayaan yang mencapai US$ 1,4 miliar di tahun ini.

Meski demikian, posisi hanyalah posisi. Kenyataannya menurut data yang dilansir, kekayaan Jack Ma yang tergeser ini menjadikan perjalanan hidupnya yang berharga hingga saat ini membuatnya jadi panutan bagi orang lain. Kehidupan yang dia alami dan jalani, mampu memberikan banyak inspirasi serta motivasi yang menyadarkan kita.

Pelajaran yang kita dapat dari perjuangan Jack Ma ini, bahwa kesuksesan yang diraih tentu membutuhkan perjuangan. Perjuangan dan sikap pantang menyerah ini yang membuat Jack Ma menjadi seperti sekarang ini.

Nah buat kamu yang merasa diri kamu terpuruk, tidak percaya diri, dan hal-hal yang membuat galau lainnya, maka mulai saat ini kamu bisa menata hidupmu kembali. Jangan pernah menyerah. Kamu bisa menciptakan banyak inovasi yang akan membuatmu lebih berharga dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *