Cara Ampuh dan Tepat Mengatasi Lupa

Lupa, tentu suatu hal yang manusiawi dan siapapun pasti pernah mengalaminya. Namun, akan jadi hal yang menyebalkan bila kita selalu saja terus kelupaan. Memang, rasa lupa terkadang muncul ketika kita membutuhkan suatu informasi yang penting dari suatu ingatan. Misal di hari ini adakah yang membuatmu kelupaan akan sesuatu? Coba kamu ingat-ingat dahulu.

Otak adalah processor dalam tubuh kita yang bertugas menjalankan ingatan terkadang tidak sesuai dan bekerja dengan baik. Banyak alasan rupanya yang bisa membuat kamu menjadi lupa. Di antara penyebab itu adalah kurang tidur atau istirahat, tidak terpenuhinya nutrisi di otak, tidak pernah melakukan aktivitas olahraga, dan banyak faktor lainnya.

Penyebab-penyebab di atas tentunya bisa diatasi supaya ingatanmu akan kembali lagi seperti semula. Apa saja cara-cara untuk membuat ingatanmu kembali dan tidak menjadi sering lupa? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Cukupkan Waktu Istirahatmu

Penting untuk kamu ingat! Jangan pernah memforsir tubuh kamu. Sebaiknya kamu gunakan waktu istirahat kamu dengan bijak. Tidur bisa membantu kerja otak lebih fresh setelah digunakan untuk bekerja seharian. Seperti misalnya tidur siang selama setengah jam bisa membuatmu menjadi lebih fit dan kembali segar termasuk kerja otak.

Buatlah waktu tidurmu menjadi berkualitas. Karena kualitas tidur di malam hari akan sangat efektif meningkatkan daya ingat kamu. Jangan pernah membiasakan diri untuk tidur terlalu larut, bahkan sampai kurang tidur. Selain akan membuatmu cepat lelah, kinerja otak juga akan menurun. Akibatnya akan memengaruhi hasil kerjamu.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi untuk Nutrisi Otak

Kamu juga harus perhatikan pula makanan apa saja yang dikonsumsi. Pastikan makanan yang kamu konsumsi, terpenuhi asupan gizi sehingga cukup untuk nutrisi otak. Dengan begitu, kamu akan meningkatkan daya ingatanmu karena daya kerja otak yang bekerja baik. Apa saja jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk nutrisi otak?

Jika kamu suka ikan, kamu bisa konsumsi ikan salmon. Ikan salmon mengandung kandungan omega-3 yang penting bagi otak. Tidak hanya ikan, buah-buah juga membantu sekali meningkatkan kinerja otak, seperti misalnya buah dari keluarga berry (strawberry, blueberry, ceri, dan jenis buah berry lainnya). Buah-buahan itu mampu meningkatkan memori otak yang dikarenakan antioksidannya yang ada pada buah-buah itu.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih. Hal itu penting sekali. Mengonsumsi banyak air putih ternyata mampu untuk memulihkan konsentrasi otak. Kamu bisa lihat iklan dari sebuah produk air mineral bahwa kekurangan air putih akan menyebabkan menjadi gagal fokus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *