Bila Kamu Terlalu Stress dan Cemas, Awas Penyakit Berbahaya Mengintaimu

Rasa cemas atau perasaan khawatir tentunya wajar bila dialami oleh setiap orang. Meski begitu, tanpa sadar pula, ternyata akibat dari rasa cemas akan memberikan pengaruh pada tubuh sehingga mengakibatkan tubuh menjadi sakit secara fisik.

Bila stress sering terjadi, tentunya tubuh akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk memulihkannya. Di saat itulah, tubuh akan berada dalam kondisi siaga, sehingga akan membuat tubuh menjadi terganggu yang akibatnya bisa berpengaruh pada masalah fisik, psikologis, dan juga emosional.

Dengan rasa cemas yang kamu alami ini pastinya akan membuat badanmu menjadi sakit dan cukup serius. Dan inilah 3 daftar penyakit berbahaya akibat cemas.

  1. Stress

Seperti yang sudah diungkapkan di awal tulisan ini, stress akan muncul ketika seseorang mengalami perasaan cemas. Hal ini dibuktikan dengan adanya studi yang meneliti bahwa kecemasan membuat seorang menjadi terganggu akan produksi hormon serotonin dan adrenalin. Dengan begitu, akan berakibat kamu menjadi sangat khawatir sehingga mengalami rasa mual. Itu bisa terjadi karena saat kamu merasa cemas maka ususmu akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu sedang merasa ketakutan dan mengakibatkan mual.

  1. Adanya masalah terhadap usus dan juga tekanan pada perut

Kamu tanpa sadar saat merasa cemas dan khawatir berlebihan yang terjadi adanya tekanan di dalam perut. Seperti halnya meningkatnya asam lambung. Dengan kondisi demikian tentu akan berpengaruh pada proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam tubuh. Sehingga sering terjadi ketika kamu merasa cemas, maka yang kamu rasakan adalah sesuatu yang salah di perutmu.

  1. Penyakit ringan lainnya

Setiap hari, tubuhmu akan beraktivitas melakukan perlawanan terhadap kuman, virus, serta bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dan tanpa disadari pula, ketika kamu merasa cemas berlebih maka itu secara otomatis juga akan melemahkan sistem kekebalan pada tubuhmu. Dan itu berakibat terjadinya penyakit di dalam tubuh seperti mual, batuk, flu, kelenjar getah benih yang membengkak, lidah yang menjadi kering, pusing, dan perut melilit.

Seseorang yang sedang mengalami tingkat kecemasan yang sudah akut, tentu akan mengalami suatu periode dimana kesedihan dan pesimisme terjadi berkepanjangan. Rasa tegang yang tidak pernah usai. Kemudian perasaan sinisme atau perasaan saling curiga yang tidak kunjung hilang. Dan dengan kondisi-kondisi demikian, tentu akan membuatmu memiliki resiko dua kali lipat terkena penyakit yang lebih serius seperti misalnya, asma, artritis, sakit kepala, dan parahnya lagi penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *