Nikmatnya Snorkling Air Tawar di Mata Air Sumber Sirah, Malang

Ngehitz.id – Jika kita berkunjung ke Malang dan sekitarnya, sama saja dengan kita menikmati beragam kejutan wisata yang memukau. Salah satunya yakni Mata Air Sumber Sirah. Objek wisata ini merupakan sumber air yang alami dari dalam perut bumi dan di sisinya diberi pembatas sehingga membentuk seperti kolam atau telaga.

Sekaligus tempat ini juga menjadi sumber utama untuk irigasi bagi warga sekitarnya. Ketika kita ada di tempat ini, maka bayangan kita seolah ada di telaga tujuh bidadari. Di mana permukaan airnya yang sangatlah jernih bagaikan cermin. Dengan begitu kita bisa melihat apa yang ada di dasar telaga itu yang ditumbuhi beragam tanaman rumput air tawar seperti hydrilla nan cantik.

Lokasi Mata Air Sumber Sirah, Malang

Mata air ini tepatnya berlokasi di Jalan Sunan Gunung, Desa Sumberjaya, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur. Terkadang lokasi itu juga ada di Desa Putukrejo yang dikarenakan aksesnya hanya bisa dilalui di desa tersebut.

Di desa Sumberjaya belum tersedia akses bagi kendaraan bermotor. Letaknya dari pusat kota Malang sekitar 21 km. Untuk menuju ke sana diperlukan waktu tempuh sekitar 30-40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Supaya bisa langsung menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya anda menggunakan motor sebagai transportasinya. Bila kamu naik mobil, kamu bisa memarkirkan mobil kamu di rumah-rumah warga yang jaraknya kurang lebih 200 meter dari lokasi tersebut.

Untuk jadwalnya, tidak jadwal resmi di lokasi ini. Biasanya lokasi ini dibuka untuk umum mulai pukul 7 pagi dan berakhir sekitar pukul 5 sore. Lebih dari jam itu, kamu bisa bebas keluar masuk di kawasan tersebut tanpa ada pengawasan tukang parkir.

Aktivitas Wisata yang Menarik dan Menyenangkan di Sumber Sirah, Malang

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di lokasi wisata ini. Aktivitas itu di antaranya berenang, snorkeling, dan pastinya foto-foto. Kamu bisa berfoto di bawah lokasi wisata ini. Karena ini yang paling istimewa dengan pemandangannya sangat indah di bawah meski tidak terdapat terumbu karang.

Mata air ini memiliki kedalaman maksimal 1,5 meter. Tentunya cukup dangkal dan harus mendapatkan pengawasan bagi mereka yang tidak mahir berenang. Alasan ini pula bagi pengunjung tidak disarankan untuk melompat bila masuk ke area telaga ini untuk berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *